Dibuat Dari Granit Tiongkok, Masjid Ini Jadi Wisata Religi Menarik

0
6

WISATA, TerasNusantara.com – Salah satu masjid paling megah di Provinsi Bengkulu ini berdiri dengan bangunan seluas 1.000 m2 di atas tanah seluas 100.000 m2. Nama Masjid Agung Sultan Abdullah ini diberikan langsung oleh Bupati Lebong H. Rosjonsyah Syahili SIP MSi dan diambil nama lain dari Ki Karang Nio. Beliau adalah seorang rajo yang bertenaga dari Tanah Rejang dahulu.

Salah satu landmark yang dimiliki oleh Kabupaten Lebong, Masjid Agung Sultan Abdullah sangatlah menarik perhatian dan sering menjadi latar belakang foto menarik para pengunjungnya. Hal ini disebabkan Masjid Agung Sultan Abdullah memiliki arsitektur yang begitu megah. Tak tanggung-tanggung, masjid ini diklaim sebagai masjid termegah di Provinsi Bengkulu dengan dana pembangunan yang cukup fantastis yaitu sekitar Rp37,9 Miliar.

Tak hanya masyarakat setempat, pengunjung dari kota Bengkulu maupun dari kabupaten lain pun berdatangan untuk bisa merasakan sholat di masjid yang megah ini dan mendengar gema suara adzan dari dalam yang membuat hati tenang. Dengan dikelilingi panorama bukit barisan, menambah keindahan yang tersaji di kawasan masjid ini.

Granit Tiongkok
Hal yang sangat spesial dari Masjid Agung Sultan Abdullah ini adalah dinding masjid maupun dinding menara utama yang tingginya 45 meter ditambah dengan 4 menara kecil yang terbuat dari bahan material granit khusus. Bahan granit tersebut didatangkan secara langsung dari Tiongkok Cina. Menara tersebut juga diberi warna sama dengan warna kubah dan dinding masjid sehingga sangat sesuai dan serasi jika dilihat.

Pada ujung menara juga dibuat kubah kecil sebagai penambah keindahan bangunan ini. Kubah kecil di ujung menara diberi warna hijau seperti warna menara dan dindingnya. Selanjutnya bahan kubah yang digunakan oleh masjid ini dibuat dari material Beton Frikas yang usianya tahan hingga puluhan tahun.

Dibawah bangunan kubah juga ada ventilasi udara yang akan mengatur udara yang masuk kedalam masjid. Sehingga udara dalam masjid tetap terasa sejuk. Ventilasi tersebut seperti angin-angin yang mengelilingi kubah bagian bawah. Sama hal nya dengan menaranya, di dinding menara juga terdapat angin-angin yang mengelilingi menaranya.

Perpaduan Warna Indah
Bangunan masjid yang besar ini memiliki perpaduan warna yang sangat indah. Bagian menara bagian atas masjid ini berwarna hijau, kuning, dan putih. Sementara warna hitam di berikan pada menara bagian bawahnya yang menambah indah bangunan menara baik dari kejauhan ataupun dari dekat. Ditambah lagi dengan bentuk eksterior bangunan yang begitu megah dengan menara yang menjulang tinggi dan kubah yang berbentuk bulat berukuran raksasa.

Area masjid ini juga terasa sangat sejuk berkat pepohonan yang tumbuh disekitarnya. Sehingga semakin membuat jemaah betah melaksanakan ibadah di rumah Allah tersebut.

Sumber : pesona indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here