Eks Kabareskrim Gencarkan TPPU Bila Jadi Pimpinan KPK

0
11

Jakarta, TerasNusantara.com – Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Komisaris Jenderal (Purn) Anang Iskandar mengatakan bakal fokus menyeimbangkan pencegahan dan pemberantasan korupsi jika terpilih menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Anang juga ingin meningkatkan penggunaan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU). Menurutnya, ketiga hal tersebut yang harus diperkuat lembaga antikorupsi itu.

Lihat juga: Daftar Capim KPK, Anang Iskandar Berbekal Pengalaman di Polri
“Saya akan menyeimbangkan pencegahan dan pemberantasan serta TPPU. Karena tiga komponen besar ini harus diperkuat di KPK,” kata Anang saat mendaftar mengikuti seleksi calon pimpinan KPK, di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (3/7).

Pensiunan jenderal bintang tiga itu berharap bisa terpilih sebagai pimpinan KPK. Anang mengaku memiliki pengalaman dalam dunia penyidikan dan akademis selama berkarier di Korps Bhayangkara.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) itu akan membawa pengalamannya baik sebagai polisi maupun pengajar ketika terpilih sebagai pimpinan KPK.

Lihat juga: Kriteria Pimpinan KPK Ideal Versi Masyarakat Sipil
“Saya punya pengalaman menjadi seorang guru, saya juga punya pengalaman sebagai penyidik, pengalaman menjadi atasan penyidik korupsi, atasan penyidik TPPU,” ujarnya.

Anang turut mengomentari konflik yang terjadi di lembaga antikorupsi itu. Konflik tersebut melibatkan penyidik internal dan penyidik yang berasal dari Polri. Menurutnya, konflik bisa diredam dengan kepemimpinan yang kuat.

“Itu tergantung pimpinannya. Tergantung, ya tinggal mensinergikan aja. Membangun team building, itu yang pertama,” tuturnya.

Lihat juga: Polri Tegaskan Semua Pati untuk Capim KPK Sudah Lapor LHKPN
Anang sampai saat ini menjadi salah satu pensiunan polisi yang sudah resmi mendaftar untuk mengikuti seleksi calon pimpinan KPK. Sementara itu, Polri telah menyiapkan sembilan perwira tinggi untuk mengikuti seleksi menjadi pimpinan jilid V.

Sumber : cnnindonesia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here