Lahan di Tepi Jalan Banda Aceh-Meulaboh Terbakar, Petugas Alami Kendala

0
122

BANDA ACEH,TerasNusantara.com – Lahan di pinggir Jalan Banda Aceh-Meulaboh, Gampong Mon Ikuen, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Rabu (3/7/2019) sekitar pukul 20.25 WIB, terbakar.

 Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, tapi kebakaran lahan kosong tersebut terpantau ada enam titik dari atas bukit.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Aceh Besar, Farhan AP yang langsung memimpin pemadaman itu mengatakan begitu mendapat informasi kebakaran di pinggir jalan nasional itu, dirinya beserta petugas pemadam langsung bergerak ke lokasi.

“Kebakaran lahan kosong itu terjadi persis di samping pabrik semen PT SAI Lhoknga,” kata Farhan.

Begitu tiba di lokasi, kata Farhan, pihaknya melihat ada enam titik api yang terpantau di atas bukit dan satu titik di antaranya berada di dalam area pabrik semen tersebut dan berdekatan dengan Kuwari 2.

“Beberapa minggu terakhir, kebakaran hutan dan lahan sangat marak. Kami minta masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan, karena sedikit saja ada bara api bisa menimbulkan dampak yang cukup besar,” ungkap Farhan.

Didampingi Iqbal, petugas Pusdalops-PB BPBD Aceh Besar, Farhan menerangkan ada seluas 1 hektare lahan yang terbakar dan tersebar di enam titik tersebut.

“Untuk penyeban kebakaran kami menduga akibat pembakaran sisa tumpukan kulit kelapa muda,” sebut Farhan.

BPBD Aceh Besar, lanjut Farhan, mengerahkan dua unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian yang didatangkan dari pos Peukan Bada dan pos induk Sibreh.

(Sumber: serambinews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here