Bupati Kepahiang Diperkirakan Kembali Maju di Pilbup 2020

0
50

Bengkulu, TerasNusantara.com – Bupati Kepahiang, Bengkulu, Hidayatullah Sjahid diperkirakan kembali mencalon bupati untuk priode kedua pada pemilihan bupati (pilbup) setempat tahun 2020 mendatang.

Calon petahana ini akan maju pada Pilbup Kepahiang pada 2020 melalui Partai Nasdem. Pasalnya yang bersangkutan saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Kepahiang.

Pada Pemilu 17 April 2019 lalu, Partai Nasdem Kabupaten Kepahiang berhasil mendudukkan tujuh kadernya di DPRD setempat.

Dengan perolehan sebanyak tujuh kursi di DPRD Kepahiang hasil Pemilu lalu, maka partai ini tak perlu berkoalisi dengan partai untuk bisa mengusung satu pasang calon (paslon) bupati-wakil bupati pada Pilkada 2020 mendatang.

Sebab, syarat parpol untuk mengusung satu paslon cabup-cawabup pada Pilkada 2020 minimal memiliki tujuh kursi di DPRD setempat. 

“Atas perolehan tujuh kursi Nasdem di DPRD Kepahiang Pemilu 2019, maka Hidayatulah Sjahid memastikan kembali mencalon sebagai bupati daerah ini untuk periode kedua pada Pilbup tahun depan,” kata Mursal, salah seorang tokoh pemuda Kepahiang, di Bengkulu, Rabu (26/6/2019).

Ia mengatakan, saat ini baru calon petahana yang dipastikan akan maju pada Pilbup Kepahiang pada September 2020 mendatang. Sedangkan kandidat balon bupati lainnya baik dari unsur birokrat maupun parpol belum muncul ke permukaan untuk menantang petahana.

“Mungkin mereka masih melihat-melihat dahulu siapa lawan yang akan dihadapi pada Pilbup Kepahiang selain calon petahana pada Pilkada 2020 mendatang. Mereka masih malu-malu untuk menyatakan maju di Pilkada Kepahiang,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Yusnan, tokoh masyarakat setempat. Ia mengatakan, para kandidat balon Bupati Kepahiang yang akan maju pada Pilkada 2020 masih melakukan penjajakan dengan parpol calon pengusung.

Jika mereka dipastikan mendapat dukungan dari parpol baru kemudian melakukan sosialisasi di masyarakat. “Sekarang mereka masih melakukan pendekatan dengan parpol dan bila positif mendapat parpol pengusung baru mereka terang-terangan menyatakan maju d Pilbup Kepahiang tahun depan,” ujarnya.

Soalnya, jika mereka sudah sosialisasi di masyarakat, tapi akhirnya tidak jadi maju di Pilbup Kepahiang karena tidak mendapat dukungan dari parpol, maka selain menghabiskan energi juga malu di masyarakat.

“Jadi, beberapa nama kandidat yang akan maju di Pilbup Kepahiang, saat ini masih diam-diam dan tidak berani terang-terangan karena khawatir tidak mendapatkan dukungan perahu dari parpol,” ujarnya.

Keterangan yang dihimpun Suara Pembaruan di Kabupaten Kepahiang, ada sejumlah nama kandidat yang akan meramaikan pertarungan pada Pilbup daerah ini tahun 2020. Mereka adalah Nata, Leny Jhon Latif, Budi Darmansyah, Edi Sunadar, Edrwar Samsi, dan beberapa nama lainnya.

Namun, dari beberapa nama tersebut, belum satupun yang menyatakan terang-terangan akan maju di Pilbup Kepahiang pada tahun 2020 mendatang. Melihat dari beberapa nama yang akan dimaju di Pilbup Kepahiang, maka kontestasi pilkada Kepahiang akan diikuti lebih dari tiga pasang calon.

Sebelumnya Bupati Kepahiang, Hidayatullah Sjahid mengatakan, jika dirinya dikehendaki dan didukung masyarakat siap maju di Pilbup 2020 mendatang. “Kita pada prinsipnya siap maju lagi sebagai cabup Kepahiang pada pilkada 2020 mendatang,” ujar mantan Kadis Kehutanan Provinsi Bengkulu ini.

Sumber: Suara Pembaruan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here