Suami Bisa Saja Pidanakan Istri Apabila Merasa Nama Baiknya Tercemar

0
135

Kepahiang, TerasNusantara.com- Saya baru saja menerima gugatan cerai dari istri saya dengan isi gugutan yang sengaja dibuat buat agar pengajuannya bisa diterima pengadilan. ungkap Badrun Ismail (50), warga Kelurahan Dusun Kepahiang.

Yang ingin “saya tanyakan apakah isi gugutan yang tidak sesuai oleh fakta dapat saya laporkan sebagai pencemaran nama baik”, Tanya Badrun Ismail.

Mengawali perbincangan dengan rekan-rekan wartawan Media Online TerasNusantara.com ketika berjumpa di salah satu rumah nasi padang terminal Pasar Kepahiang (15/07/2019), bapak yang telah dikaruniai empat orang anak dari hasil buah cintanya bersama Asmara Juita.

dalam Perbincangan tersebut Badrun Ismail menanyakan “apakah ada delik pidana jika ditemukan pencemaran nama baik, mungkin berbeda dengan gugatan cerai yang memang merupakan ranah perdata” sampainya.

Ditambahkannya juga “Padahal seperti yang saya lihat dan baca dan lihat di internet Pencemaran nama baik atau yang dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) disebut dengan penghinaan.

Seperti yang tertulis dalam buku Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), yang saya baca Pasal Demi Pasal, serta dalam penjelasan Pasal 310 KUHP menjelaskan bahwa ada 6 (enam) macam penghinaan, yaitu:

  1. Penistaan (Pasal 310 ayat (KUHP
  2. Penistaan dengan surat (Pasal 310 ayat (2) KUHP
  3. Fitnah (Pasal 311 KUHP)
  4. Penghinaan ringan (Pasal 315 KUH
  5. Pengaduan palsu atau pengaduan fitnah (Pasal 317 KUHP)
  6. Perbuatan fitnah (Pasal 318 KUHP).

saya rasa Perbuatan yang dilakukan oleh istri saya “sepertinya dapat diadukan kepada pihak polisi, bebernya

karena “seperti yang dijelaskan dalam Pasal 317 ayat (1) KUHP yaitu pengaduan palsu atau pengaduan fitnah, seperti yang di sebutkan dalam kitab hukum acara pidana disana disebutkan. Barang siapa dengan sengaja mengajukan pengaduan atau pemberitahuan palsu kepada penguasa, baik secara tertulis maupun untuk dituliskan, tentang seseorang sehingga kehormatan atau nama baiknya terserang, diancam karena melakukan pengaduan fitnah, dengan pidana penjara paling lama empat tahun. pengaduan atau pemberitahuan yang diajukan itu, baik secara tertulis, maupun secara lisan dengan permintaan supaya ditulis, harus sengaja palsu, seharusnya Istri saya itu harus mengetahui dengan benar-benar bahwa apa yang ia adukan atau sampaikan kepada pembesar itu tidak benar, sedang pengaduan itu akan menyerang kehormatan dan nama baik saya selaku orang yang diadukannya”

Dalam buku KUHP yang saya baca itu juga dijelaskan disana bahwa yang dimaksud dengan pengajuan di sini tidak saja hanya memberikan atau menerimakan, tetapi termasuk juga mengirimkan melalui seseorang atau melalui pos, ataupun berupa telegram.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa penguasa yang dimaksud dalam pasal ini bukanlah semua pegawai negeri, melainkan terbatas kepada pembesar atau orang-orang tertentu yang diberi wewenang di bidang penerimaan pengaduan atau pemberitahuan serta berwenang menangani atau menyelesaikan hal yang diadukan itu.

Hal yang diadukan/dilaporkan itu tidak hanya di bidang perkara pidana saja, tetapi juga di bidang perkara administrasi.

Walaupun yang dimaksud oleh si pelaku adalah supaya korban diproses secara pidana, tetapi dengan keterhinaan si orang yang dihina, maka konduitenya dapat turun atau jelek yang dapat berpengaruh kepada kedudukannya.

Jadi “apabila nama baik seseorang merasa tercemarkan karena apa yang ditulis oleh istri Anda dalam gugatan, maka suami dapat mengadukan istri Anda atas dasar pencemaran nama baik”

Perceraian merupakan hal terburuk yang dapat dialami oleh sepasang suami dan istri dalam menjalani rumah tangga. Bukan hanya keduanya yang akan mengalami dampak perceraian itu, tetapi juga anak-anak mereka.

Anak-anak, apalagi yang masih di bawah umur, tidak pernah mengetahui masalah sebenarnya yang terjadi antara ayah dan ibunya. Perceraian bagi mereka hanya meninggalkan satu pertanyaan besar yang hanya akan terjawab ketika ia dewasa. (RM2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here