Camat Seberang Musi : Pemerintah Desa Diminta Kelola DD Untuk Kesejahteraan Masyarakat

0
85

Kepahiang,TerasNusantara.com-Program Dana Desa (DD), adalah salah satu program andalan pemerintah pusat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dimasyarakat yang di tinggal di wilayah pedesaan. hal ini di sampaikan langsung olehi Zaidan Jauhari Camat Seberang Musi Kepada TerasNusantara. Com. Selasa (23/07), ketika di temui di ruang Kerjanya.

Tujuan pemerintahan pusat memberikan Dana Desa pada prinsipnya adalah, untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan desa dimulai dari peningkatan pelayanan publik di desa, memajukan perekonomian desa, mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa, serta memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan” terangnya.

Menurut Camat “kades maupun perangkat desa dengan uang desa yang berjumlah besar itu. Penggunaan dana desa harus digunakan secara transparan dan tepat sasaran sesuai kebutuhan desa. Kalau Rencana Anggaran Belanja (RAB) sudah disusun sebelum di mulai kegiatan, dan program tersebut sudah melalui musyawarah tingkat dusun, musyawarah tingkat desa, musyawarah ditingkat kecamatan, dan musyawarah ditingkat kabupaten jadi sudah sangat jelas sekali diperuntukan pembangunan. Persilahkan (dana desa) dipakai untuk pembangunan infrastruktur, bangun jalan, dan lainya. Tapi pastikan pembangunan itu bermanfaat untuk masyarakat di desa, kerana DD dari Desa Untuk desa” Tegas Camat.

Selaku perpanjangan tangan pemerintah daerah kabupaten Kepahiang yang dan orang yang telah di percaya oleh bapak Bupati untuk bertugas sebagai Camat di Seberang Musi. Maka dengan ini kami selaku Pihak pemerintah kecamatan. “Menghimbau Kepala Desa se-Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang, agar dalam pelaksanakan program Dana Desa (DD) tahun 2019 benar-benar bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya serta berberhati – hati dalam menggunakan dana tersebut. Jalankan sesuai dengan mekanisme serta aturan yang sudah ditetapkan dan peruntukan disesuai dengan kebutuhan masyarakat. Ppersilahkan (dana desa) dipakai untuk pembangunan infrastruktur, bangun jalan, dan lainya. Tapi pastikan pembangunan itu bermanfaat untuk masyarakat didesanya, kerana DD dari Desa Untuk desa” .

Lanjut Zaidan Jauhari, “Kami pihak Kecamatan juga memiliki wewenang serta peranan yang cukup stategis dalam pengawasan dan pembinaan terhadap pengelolaan dana Desa (DD) dan alokasi dana Desa (ADD). Untuk mengeluarkan anggaran pembangunan dan belanja Desa (APBDes) harus dilengkapi rekomendasi Camat, Karena Camat yang akan memonitoring setiap perkembangan pembangunan di desa”. Jelasnya.

Ditambahkan Camat “Semenjak adanya dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat kesetiap desa yang ada diseluruh indonesia, memang terbukti ampuh untuk meningkatkan pembangunan dan perekonomian semakin membaik serta kesejahteraan masyarakat desa pula semakin meningkat, tutupnya. (ANCA/PRW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here