Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh, 4 Sampai 6 Juli 2020

0
153

Bengkulu, TerasNusantara.com – Puasa Ayyamul Bidh bulan Zulkaidah 1441 H jatuh pada 4 sampai 6 Juli 2020. Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa yang dilaksanakan umat Islam selama 3 hari pada tanggal 13,14 dan 15 dalam kalender hijriyah atau setiap pertengahan bulan.

Salah satu keutamaan puasa Ayyamul Bidh ini disebutkan dalam hadits riwayat Abu Daud. Disebutkan bahwa salah satu keutamaan puasa ini seperti puasa selama satu tahun.

“Rasulullah SAW memerintahkan kami untuk berpuasa pada Ayyamul Bidh yaitu 13, 14 dan 15 (dari bulan hijriyah).” Dan beliau bersabda, “Puasa Ayyamul Bidh itu seperti puasa setahun.” (HR Abu Daud).

Seperti ibadah lain, puasa Ayyamul Bidh yang punya ketentuan sunnah diawali niat. Berikut bacaannya dalam Arab, latin, dan artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى
Arab latin: Nawaitu sauma ayyaamal bidh sunnatan lillaahi ta’ala

Artinya: “Saya berniat melakukan puasa Ayyamul Bidh sunnah karena Allah ta’ala.”

Puasa Ayyamul Bidh untuk Juli 2020 dilakukan pada Sabtu (4/7/2020), Minggu (5/7/2020), dan Senin (6/7/2020). Momen tersebut bertepatan dengan 13-15 Zulkaidah 1441 H dalam kalender Islam.

Tata cara puasa Ayyamul Bidh sebetulnya sama dengan ibadah shaum lain yang diawali sahur dan berakhir saat berbuka. Selama puasa sangat disarankan tetap produktif sambil tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19.

Dikutip dari hadist yang dinarasikan Abu Huraira, Rasulullah SAW menyarankan umatnya jangan pernah meninggalkan puasa Ayyamul Bidh. Rasulullah SAW juga menyarankan dua ibadah lain yang sebaiknya dilaksanakan tiap hari,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، رضى الله عنه قَالَ أَوْصَانِي خَلِيلِي بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ، وَصَلاَةِ الضُّحَى، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ‏

Artinya: Seperti diceritakan Abu Huraira, “Rasulullah SAW menyarankan padaku tiga hal yang jangan sampai ditinggalkan hingga aku mati. Ketiganya adalah puasa tiga hari setiap bulan, mengerjakan shalat dhuha, mengerjakan shalat witir sebelum tidur.” (HR Bukhari).

Dengan melaksanakan puasa Ayyamul Bidh, setiap umat Islam akan mendapatkan berbagai manfaat yakni antara lain mendapatkan pahala, meningkatkan daya tahan tubuh, melatih kesabaran dan meningkatkan iman kepada Allah SWT.

Penulis: Adi HFA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here