Tak Diberi Uang oleh Ibu Buat Beli Sabu, Pria Ini Ngamuk Bakar 18 Rumah

0
1378

Kesal tak diberi uang sebesar Rp300 ribu untuk membeli sabu, Taswin (33), nekat membakar rumah ibunya. Akibat ulahnya juga menghanguskan 17 unit rumah tetangganya.

Peristiwa itu bermula saat pelaku memintai uang kepada ibunya namun tak diberi, Senin (25/1). Pelaku emosi yang membuatnya membakar sprei di dalam kamar rumah ibunya di sekitar kawasan Pasar Gubah di Jalan KH Ahmad Dahlan, Kelurahan 26 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang.

Api dengan cepat menghanguskan rumah. Dalam sekejap juga api menjalar ke rumah-rumah sekitar yang menyebabkan 17 rumah warga turut hangus terbakar.

Usai kejadian, pelaku kabur. Keesokan harinya, dia kembali ke rumahnya. Alhasil dia menjadi bulan-bulanan warga karena kesal perbuatannya.

Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel Kompol Suryadi mengungkapkan, tersangka diamankan dari amukan massa. Warga kesal akibat perbuatan tersangka 18 rumah hangus terbakar, termasuk milik ibunya sendiri.

“Tersangka membakar rumah ibunya dan menyambar ke rumah lain, total ada 18 rumah yang terbakar,” ungkap Suryadi, Selasa (26/1).

Tersangka berdalih memaksa ibunya memberikan uang sebesar Rp300 ribu untuk membeli sabu. Dia menjadi kecanduan narkoba setelah mengonsumsinya sejak lama.

“Penyebabnya tidak diberikan uang untuk membeli sabu,” ujarnya.

Dikatakan, tersangka pernah tiga kali mengancam membakar rumah ibunya dengan alasan yang sama. Bahkan, dia sempat menganiaya ibunya sendiri karena tak diberikan uang.

“Tersangka seorang pengangguran tapi kecanduan narkoba. Beberapa kali mengancam dan terakhir benar-benar melakukannya,” kata dia.

Dia menambahkan, tersangka sudah empat kali menjalani rehabilitasi narkoba di Rumah Sakit Ernaldi Bahar Palembang sejak 2017 hingga 2019. Dia juga kerap menjual barang seisi rumah demi mendapatkan narkoba.

“Rehabilitasi tak berpengaruh bagi dia, padahal sudah empat kali, masih saja kecanduan sabu,” pungkasnya.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 187 KUHP tentang perbuatan yang menyebabkan kebakaran dengan ancaman 12 tahun penjara.

Sumber : kangbibir-terkini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here